Tradisi Kenduri Arwah Sambut Ramadhan
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Tradisi Kenduri Arwah Sambut Ramadhan

    20 Maret 2022, 3/20/2022 12:42:00 PM WIB Last Updated 2022-03-20T05:42:02Z


    Aceh Besar_Harian-RI Com. Bulan yang dinanti-nantikan.berbagai tradisi dan cara menyambut hadirnya bulan Ramadhan dilakukan umat Islam. Salah satunya adalah kenduri arwah, tradisi yang digelar tiap tahun, di setiap surau (masjid) Atau Kuburan Baik Kuburan Umum Maupun Kuburan Pribadi. dengan cara memanjatkan do'a untuk orang-orang yang telah meninggal Dunia. 

    Masyarakat Bate Linteung Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Tidak Ketinggalan Ambil Bagian Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadham Kali ini.dengan Memasak Kuah Belangong Dua Buah Kuali. Untuk Dimakan Bersama di Areal Kuburan Milik Keluarga. Mansur. Sabtu 19. Maret. 2022.

    Mansur Nama Samaran Tidak Ingin Disebut Namanya Takut Dikatakan Ria. Sebagai Yang Melepas Ajat Sekaligus Sebagai Donatur Dalam Melaksanakan Cukuran Dikubur Keluarga Yang Mana Orang Tuanya Sudah Meninggal Dunia Sejak Sembilan Tahun Yang Lalu. Katanya. 

    Hujud Rasa Cukur Kepada Allah dan Mendoakan Almarhum Moga Dilapangkan Kubur juga terhindar Dari Ajab Kubur. Moga Arwah Bisa tenang Dialam Kubur Jauh Dari Siksaan Dalam Bentuk Apapun Disana Kata Mansur. 

    Rasa Cukur Kita Kepada Allah Yang Telah Memberikan Kesehatan. Umur Panjang. Rezeki. 
    Dan Kemudahan-kumudahn Lainnya Yang Tak Ternilai Harganya. Sudah Sepatutnya Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan Kita hujudkan Kebersamaan Sesama Lepas Berdo'a Kita Makan Bersama. Seluruh Masyarakat Bate. linteeung tampa Kecuali yang tidak Mempunyai Alangan Lain. Kata Mansur. 

    Hal Semacam Ini Bukan Saja di Aceh juga Masih Banyak didaerah Lain Seperti Daerah Riau. 
    Tradisi yang juga dilakukan masyarakat melayu hingga di Malaysia ini disebut dengan Kenduri Arwah, kebersamaan dan gotong royong, mulai dari persiapannya hingga kegiatan tersebut Habis Berdo'a Lalu Makan Bersama - Sama. 

    "Sejak lepas malam nisfu sya'ban sudah ada surau-surau yang melaksanakan kenduri arwah," 
    Juga Hal Yang Sama dilakukan Oleh Masyarakat. Gampong Batee Linteeng. Dalam Do'a Bersama di Pimpin Oleh Tengku Shabri. 
    Sabtu 19.Maret. 2022.

    Tidak jauh berbeda dengan kenduri dan hajatan yang bernuansa tahlil lainnya, kenduri arwah juga memuat doa-doa untuk orang yang telah meninggal.

    Perbedaannya hanya bersifat umum, jika jemputan kenduri lainnya memuat doa yang ditujukan sesuai permintaan pemilik hajatan, sedangkan kenduri arwah untuk keseluruhan.

    "Tidak ada yang identik, cuma kenduri arwah ini untuk semua masyarakat, yang jelas orang tua kita semua, khususnya untuk orang yang Ada Kemudahan Apasalahnya Kita Berbagi Rezeki Kepada Sesama juga Do'a yang Dilantunkan Oleh Masyrakat Mudah Mudahan Sampai Kepada Arwah di Alam Khubur. Katanya.(HR-RI_RAFFLI)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Tradisi Kenduri Arwah Sambut Ramadhan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer