Bersama Stakeholder Terkait Babinsa 07/Julok, Cegah Meluasnya Wabah PMK
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Bersama Stakeholder Terkait Babinsa 07/Julok, Cegah Meluasnya Wabah PMK

    Dimas ( Redaksi )
    23 Juli 2022, 7/23/2022 10:42:00 PM WIB Last Updated 2022-07-23T15:42:48Z
      

    Aceh Timur_Harian-RI.com
    Untuk memantau dan mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kaki (PMK), Sertu Okto beserta dinas peternakan dan kesehatan hewan melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi, di Desa Lhok Rambong, Kecamatan Julok, Aceh Timur, Sabtu (23/07/2022).

    Mantri Hewan Perternakan Saifullah
    mengatakan, jika penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel atau melempuh di mulut, lidah, gusi, luka pada kulit sekitar kuku, bahkan kuku bisa terlepas.

    Lanjutnya "Keadaan tersebut nantinya akan membuat hewan ternak pincang dan tidak mau makan serta hewan lebih sering berbaring, " ucapnya. 

    Di tempat yang sama Sertu Okto menyampaikan pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak seperti sapi.

    "Kita para Babinsa diwilayah untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada. Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK, " katanya. 

    Ia mengimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi dari wilayah lain.

    Selain itu warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku  (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh  (lesi pada lidah). (HR_RI.Iskandar Hasan).
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Bersama Stakeholder Terkait Babinsa 07/Julok, Cegah Meluasnya Wabah PMK

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer