Peringati hari Pramuka ke 61Dr H Marzuki Hamid MmKetua Kwarcab Kota Langsa Pimpin upacara Di Bumi Hutan Kota
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Peringati hari Pramuka ke 61Dr H Marzuki Hamid MmKetua Kwarcab Kota Langsa Pimpin upacara Di Bumi Hutan Kota

    Dimas ( Redaksi )
    26 Agustus 2022, 8/26/2022 07:00:00 AM WIB Last Updated 2022-08-26T00:00:08Z
     

    Langsa_Harian-RI.com
    Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) kota Langsa melaksanakan Hari Pramuka ke – 61 tahun 2022 di bumi perkemahan Pramuka Hutan Kota Langsa, Kamis (25/8/22).

    Upacara hari Pramuka ini dipimpin langsung oleh ketua kwarcab Pramuka Kota Langsa, Cut bang Dr. H. Marzuki Hamid MM yang diikuti oleh pengurus Kwarcab kota Langsa, penggalang dan penegak se-kota Langsa.


    Dalam sambutannya cut bang Marzuki Hamid membaca sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Dikatakannya, Pada 14 Agustus 2022, semua segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang dicintai genap berusia 61 tahun.


    Tahun ini pula sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. “Untuk itulah kita perlu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah dapat berkembang bersarna Gerakan Pramuka,” ucapnya.

    Dia menjelaskan tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. .


    Pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita.


    Semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya. Di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan.

    Kakak-kakak dan adik-adik yang saya banggakan, Saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Dalam membantu mengatasi dan menanggulanginya, Gerakan Pramuka telah melakukan banyak hal. Saya berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan, sehingga pandemi Covid-19 segera melandai dan, kita bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan.

    “Saya mengucapkan terima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19. Antara lain melalui kegiatan Gerakan Kedisiplinan Nasional, dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk juga patuh pada protokol kesehatan. Serta kegiatan Gerakan Kepedulian Nasional, dengan menunjukkan sikap empati dan simpati, siap menolong mereka yang terdampak karena pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

    Dia menambahkan Kakak-kakak dan adik-adik telah menunjukkan sikap seorang Pramuka sejati, yang siap menolong siapa pun yang membutuhkan bantuan. Percayalah, apa yang kakak-kakak dan adik-adik lakukan, akan menjadi ladang amal bakti kakak dan adik semua, yang semoga menjadi pahala yang dicatat kebaikannya.

    “Kakak-kakak dan adik-adik yang saya hormati, Bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022. Jamnas tersebut dilaksanakan di Buperta Cibubur, dari 14 sampai 21 Agustus 2022, dan diikuti oleh kontingen dari seluruh Indonesia, ditambah dari Gugus Depan yang berpangkalan di Perwakilan RI di luar negeri, dan sejumlah tamu undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara,” katanya.


    Lebih lanjut, Jamnas tersebut diselenggarakan dengan tema “Ceria, Berdedikasi, Berprestasi”. Saya berharap tema itu juga dapat diterapkan oleh semua anggota Gerakan Pramuka, terutama adik-adik peserta didik, di mana pun berada. Baik yang ikut maupun yang tidak ikut Jamnas.

    “Marilah kita tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas kita, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan, maupun lainnya, dan berusaha mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang­ bidang yang kakak dan adik tekuni,” ujarnya.

    Pada tahun ini juga, akan ada sejumlah kegiatan nasional lainnya. Di antaranya Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) Tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu. Marilah kita dukung dan ikut menyukseskan kegiatan-kegiatan tersebut.

    Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden RI selakku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, para Menteri, Panglima TNI, Kapolri, dan semua pejabat negara di tingkat pusat, para Gubernur, Walikota, Bupati, dan Camat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah, Majelis Pembimbing Cabang, dan Majelis Pembimbing Ranting, para Pembina Gugus Depan di mana saja, dan semua pihak yang telah ikut membantu mengembangkan Gerakan Pramuka. Khususnya kepada para Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Majelis Pembimbing di semua tingkatan, saya berharap agar dapat terus memberikan bimbingan serta bantuan moril dan materil, untuk memajukan Gerakan Pramuka.


    “Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anak ­ anaknya dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung gerakan pendidikan kepanduan yang kita cintai bersama,” tutupnya.

    Dalam rangka memperingati Hari Pramuka Kwarcab kota Langsa juga melaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya Ziarah Makam Pahlawan, Ulang Janji, Upacara HUT Pramuka dan Donor Darah.

    Bukhari 
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Peringati hari Pramuka ke 61Dr H Marzuki Hamid MmKetua Kwarcab Kota Langsa Pimpin upacara Di Bumi Hutan Kota

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer