Salak_Harian-RI.com
Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, terus mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan toko daring dan e-katalog agar produk yang dihasilkan lebih dikenal dan pemasarannya lebih maksimal.

"Dalam pemanfaatan e-katalog lokal dan toko daring ini, para pelaku usaha harus benar-benar memiliki komitmen dalam upaya meningkatkan ekonominya," kata Plt. Asisten Pemerintahan Pemkab Pakpak Bharat, Petrus Seragih di Salak, Rabu.

Ia mengatakan, pemerintah gencar mendorong seluruh instansi memanfaatkan produk-produk lokal serta produk dalam negeri untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi COVID-19 yang berdampak terpuruknya ekonomi masyarakat.

Percepatan pelaksanaan e-katalog ini harus sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah khususnya daerah Pakpak Bharat.

Ia menyarankan sebaiknya proses katalogisasi dikerjakan oleh pemerintah mengingat tenggat waktu yang sangat sempit, namun dalam proses penayangan akan dibuat secara nasional.

Produk lokal yang ditayangkan nantinya diharapkan bisa dibeli oleh konsumen dari daerah lain, ataupun katalog lokal ini bisa menjadi ajang promosi untuk di daerah lain.

"Para petugas kami minta bantulah para pelaku usaha lokal kita, dorong mereka untuk memanfaatkan sarana promosi ini," katanya.

Ia mengatakan, pemanfaatan katalog elektronik lokal diharapkan mampu menggerakkan ekonomi lokal lewat optimalisasi pelibatan pelaku usaha daerah dalam pengadaan barang/jasa pemerintah serta memudahkan mekanisme belanja pemerintah daerah untuk mempercepat realisasi anggaran dengan tetap mengacu pada tata kelola pemerintah yang baik.

Pemkab akan menyamakan langkah antara Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) dan pemerintah provinsi untuk membangun katalog lokal, yang bisa diisi dan dimanfaatkan oleh para penyedia lokal dan produk lokal di Kabupaten Pakpak Bharat.

"Untuk menjalankan program ini pemkab terus melaksanakan sosialisasi penggunaan katalog lokal serta pemanfaatan toko daring untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat setempat melalui pemanfaatan produk-produk dalam negeri, peningkatan porsi UMKM dan koperasi," katanya