Pemkab Aceh Jaya Beri Penghargaan Kepada Sejumlah Nakes Dalam Memperingati HKN
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Pemkab Aceh Jaya Beri Penghargaan Kepada Sejumlah Nakes Dalam Memperingati HKN

    Dimas ( Redaksi )
    15 November 2022, 11/15/2022 05:38:00 PM WIB Last Updated 2022-11-15T10:38:38Z

    Calang_Harian-RI.com
    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya melaksanakan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 tahun 2022. 

    HKN tahun ini mengangkat tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku".

    Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimism seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19.


    Sehingga kini masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

    Hal ini disampaikan Plt Sekda Aceh Jaya, Safrul Maryadi saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin kala memimpin upacara HKN Ke-58 di halaman Kantor Bupati setempat, Senin (14/11/2022).

    Dikatakan Plt Sekda, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

    Selain itu, Indonesia juga termasuk 5 besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022. 

    Meski begitu, beber dia, sejak Oktober 2022, kembali terdeteksi adanya kenaikan kembali kasus Covid-19 di Indonesia. 


    Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster.

    Proporsi pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19, tiga kali lebih banyak pada kelompok lansia jika dibandingkan dengan yang bukan lansia.

    Oleh karena itu, Safrul Maryadi mengingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 dengan booster sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan Virus Corona.

    Meski dihadapkan pada prioritas penanganan Covid-19, ulasnya, di saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional.

    Seperti penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

    “Pandemi juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah dan melakukan transformasi pada system kesehatan di Tanah Air,” paparnya. 

    Ia melanjutkan, Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa akan datang.

    Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.


    Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Aceh Jaya sendiri juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tenaga kesehatan yang bertugas di kabupaten itu.
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Pemkab Aceh Jaya Beri Penghargaan Kepada Sejumlah Nakes Dalam Memperingati HKN

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer