MEMALUKAN OKNUM KETUA RW DESA CIPTAGUNATI CIKALONG WETAN MUNGUT UANG BANSOS.APARAT PENEGAK HUKUM HARUS TURUN GUNUNG
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    MEMALUKAN OKNUM KETUA RW DESA CIPTAGUNATI CIKALONG WETAN MUNGUT UANG BANSOS.APARAT PENEGAK HUKUM HARUS TURUN GUNUNG

    Dimas ( Redaksi )
    5 Desember 2022, 12/05/2022 06:56:00 AM WIB Last Updated 2022-12-04T23:56:36Z

    Bandung barat_Harian-RI.com-
    Sangat memalukan sejak dibagikan secara tunai lewat PT Pos Indonesia Bansos BPNT BLT BBM  juga PKH memicu kegaduhan di sejumlah Daerah termasuk Kabupaten Bandung barat (KBB) Salah satunya, memicu terjadinya pungutan liar ( PUNGLI ) yang Diduga dilakukan oleh oknum  Ketua RW.

    Salah satunya terjadi di Desa  Ciptagumati  Kecamatan Cikalong wetan kabupaten Bandung Barat Jawa Barat .

      Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos yang seharusnya mendapatkan Rp 600 ribu selama 3 bulan secara tunai  langsung di beri  sembako senilai Rp.600 .000 untuk di tukar berbentuk sembako di BUMDes.

    Terjadinya dugaan pungli menurut sumber yang tidak mau di sebut namanya setelah KPM mendapatkan sejumlah sembako  dan  uang tunai BLT BBM, PKH  para ketua RW meminta sejumlah uang  mulai dari  Rp. 30.000 s.d Rp  50.000 per KPM   Serta di pinta berasnya dengan alasan untuk keluarga yang tidak mendapatkan bantuan sosial.

    Masih menurut sumber   tata cara penyaluran di Desa Cipta gumati sabtu 03/12/2022.

    “Setelah beres pembagian  / penyaluran uang tunai oleh PT POS INDINESIA  yang dilaksanakan dikantor desa.

     kpm di pinta uang Rp.50.000 ribu  alasan untuk kas RW, Oleh oknum ketua RW

     sedangkan untuk masalah sembako BPNT  kpm tidak mendapatkan uang melainkan di beri paket sembako yang sudah di sediakan oleh bumdes  dengan  harga pantastis sebesar  Rp.600 .000. Dan diambil dalam bentuk kupon, kupon tersebut  sudah berisi daftar harga , lantas kpm harus  menukar kupon tersebut ke BUMDes  untuk mengambil sembakonya

    Dan anehnya sembakonya ko di cicil sementara uang kami untuk belanja tiga bulan Rp 600.000 diambil semuanya.

     sembakonya tidak  sekaligus, pertama beras, lalu daging ayam, terus yang lainnya”, ujarnya.

    “Terus masalah harga terlalu mahal, masa harga kentang per paket 45 ribu, terus harga buah buahan 45 ribu, terus harga beras pun satu karung yang 25 kg mahal, disini juga paling mahal 250 ribu, kalau itu beli dari BUMDes 300 ribu, terus masalah daging ayam juga di pasar harganya 32 ribu paling mahal, itu di paketan itu harga 40 ribu, itu 3 paket 120 ribu, berarti itu sangat terlalu”, katanya.

     sumber  lain  mengatakan  yang di pinta uang Rp.50.000 itu di RW 10, untuk RW yang lain di pinta  30 ribu, tapi  kalau  Rp.50.000  ribu sangat tidak wajar.

    “Alasan di pinta uang itu untuk yang tidak mendapatkan, ada juga alasan untuk uang kas dan yang lainnya”, katanya.


    Di tempat terpisah Ketua RW 10.  Mengakui adanya aliran dana dari para kpm  kebanyakan yang ngasih uang kepada saya Rp 50.000 dan yang paling kecil Rp.25.000, ujarnya
    Uang tersebut di gunakan untuk kegiatan RW dan orang sakit .imbuhnya

    Menurut  A.Candra selaku Control Sosial dengan kejadian  adanya pungli  serta  pemaksaan  terhadap keluarga penerima manfaat itu sudah salah besar  .yang namanya pungutan liar atau pungli itu sudah jelas ada hukumnya baik yang memberi maupun yang menerima  dan tidak menutup kemungkinan jauh-jauh  hari oknum ketua Rw sudah  mengkondisikan untuk menyetor uang tersebut dari KPM ke oknum RW .maka dari itu pihak penegak hukum baik tingkat Polda Jabar Maupun polres Cimahi serta Kejaksaan  harus turun gunung karena tidak menutup  kemungkinan ada juga pungli di Desa lain dan pungli ini harus di sikat habis kasihan wargayang kurang mampu,

    Sedangkan untuk Sembako masyarakat  harus belanja bebas bumdes ataupun pemerintahan desa tidak boleh ikut campur dalam pengadaan Sembako apa lagi KPM dipaksa untuk membeli sembako ,bagaimana kalau ada kpm yang alergi telor atau ayam apa bisa di tukar ?

     Dan ini sudah jelas melanggar hak KPM dalam membeli sembako ,serta tidak ada  toleransi kepada KPM untuk membeli sembako di pasar.ujarnya


    Saat awak media menghubungi Ketua BUMDes Cipta gumati (Deris) lewat telpon, menurutnya, “Silahkan saja ke Kepala Desa, saya lagi di garut”, katanya.


    ( HR-RI_omen)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • MEMALUKAN OKNUM KETUA RW DESA CIPTAGUNATI CIKALONG WETAN MUNGUT UANG BANSOS.APARAT PENEGAK HUKUM HARUS TURUN GUNUNG

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer