Khanduri Blang atau Kenduri Sawah, Tradisi Petani di Aceh
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Khanduri Blang atau Kenduri Sawah, Tradisi Petani di Aceh

    29 Januari 2022, 1/29/2022 10:37:00 AM WIB Last Updated 2022-01-30T07:47:56Z
    ACEH BESAR_Harian-ri.com,
    Gampong Nya Kecamatan Simpang Tiga. Aceh Besar. Letak Alamnya Sangat Srategis dibawah Gunung Bukit Barisan. Dilereng Bukit Terhampar Persawahan. Yang membentang. Menambah Suasana Sejuk dannyaman Indah Bagaikan Suasana Alam Semulajadi. Penduduknya yang Ramah. Menambah Betah Lama Lama di Sana. 

    Gampongnya Berpenduduk Lebihkurang Seratus Kepala Keluarga. Mata pencarian Penduduk. Petani Sawah. Beternak Lembu dan Bercocok Tanam Padi Palawija Juga Tanaman Jati. Galian C tanah timbun Juga Batu Gunung Untuk Membuat Pendasi Rumah Dll. 


    Disitu Terdapat  Embung tempat Penyimpan Air dengan Nama Mata I /Mata Air. Yang Jernih dan Sejuk Darijaman Dahulu Sampai Sekarang Tidak penah Kering. Untuk Keperluan  Persawahan. ditempat itulah Do'a Bersama yang dipimpin Tgk. Zikri Kamis 27 1.2022.

    Khanduri Blang Salahsatu Tradisi Turun Menurun yangdilakukan Ketika Hendak Turun Kesawah. Pada Saat Berlangsungnya Khanduri Blang  dihadiri Masyarakat  Setempat dan juga hadir dari Kerabat dan juga Kampung Sebalah yang Memiliki Lahan Sawah didaerah  Gampong Nya Simpang Tiga Aceh Besar. 

    Khanduri blang bermakna kenduri sawah yaitu acara syukuran disertai do'a dan makan bersama yang dilaksanakan oleh para petani ketika musim tanam dimulai.  

    Tradisi ini dilaukan turun temurun oleh petani di Aceh, Pada Umumnya Gampong Nya Juga tak ketinggalan Melanjutkan Tradisi Turun Menurun. untuk mengharapkan berkah, sekaligus bermunajat kepada Allah agar sawah mereka bebas dari hama, saat musim tanam hingga panen tiba. setahun sekali.

    Seiring perkembangan zaman, di mana musim tanam telah berlangsung dua kali setahun, maka kegiatan kenduri blang ini juga dilakukan dua kali dalam setiap tahun.

    Dalam pelaksanaan kegiatan para petani mengelar syukuran untuk mendoakan tanaman padi mereka agar bisa meningkat produksinya dan sawah terbebas dari hama.Wereng Hama dan Gangguan Babi Hutan. 

    Mampaat do'a bersama,disamping  Meminta dan Memohon Buat Sawah dan Hama. Juga Rasa Terima Kasih Kepada Sang Pencipta. 
    Juga sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas rezeki yang telah diberikan oleh Sang Maha Pencipta.yang Selama ini diberikan Baik Kesehatan Maupun Rezeki yang takpernah Habis. Habisnya dari Lahir Hingga Akhir Ayat. 

    Kenduri syukuran, doa dan makan bersama ini memberi motivasi tersendiri bagi petani untuk memulai musim tanam dengan harapan tanaman padi mereka akan lebih berkah dan hasil panen berlimpah.

    Trandisi ini telah dijalani secara turun menurun oleh para petani di Aceh. Pada Umumnya. dan Petani Kampung Nya.Pada  Khususnya Kecamatan  Simpang Tiga Aceh Besar. Juga Melakukan Hal Yang sama dari Dahulu Hingga Saat Ini Kata Salah Seorang Petani Pak Daud. Yang dujumpai Wartawan Media Harian Ri (HR-RI.rafli.)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Khanduri Blang atau Kenduri Sawah, Tradisi Petani di Aceh

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer