Akibat Kerugian Banjir di Kecamatan Pakis Didata Pemkab Malang
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Akibat Kerugian Banjir di Kecamatan Pakis Didata Pemkab Malang

    15 Maret 2022, 3/15/2022 05:50:00 PM WIB Last Updated 2022-03-15T10:50:10Z


    Malang_Harian-RI.com
    Pemerintah Kabupaten Malang melakukan pendataan jumlah kerugian yang timbul akibat banjir yang terjadi di empat desa di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    Bupati Malang M. Sanusi di Kabupaten Malang, Selasa, mengatakan bahwa saat ini pihaknya baru akan melakukan pendataan terkait besaran kerugian yang timbul akibat banjir yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di wilayah tersebut pada Senin (14/3).

    "Untuk kerugian masih belum ada laporan dan masih dilakukan pendataan," katanya.

    Ia menjelaskan saat ini proses pembersihan material sisa banjir di empat desa, yakni Desa Mangliawan, Saptorenggo, Ampeldento, dan Asrikaton diharapkan bisa segera rampung dan dilakukan pendataan terkait fasilitas umum yang mengalami kerusakan.

    Menurutnya, biaya perbaikan fasilitas umum yang mengalami kerusakan tersebut nantinya akan diambilkan dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Kabupaten Malang. Kepala desa dan camat setempat diminta untuk segera mendata terkait fasilitas umum yang rusak.

    "Setelah ini bersih, baru nanti akan dievaluasi. Tentunya kepala desa dan camat nanti mengevaluasi fasum apa yang perlu dibenahi agar bisa segera kita lakukan. Karena ini bencana, maka bisa digunakan BTT," katanya.

    Ia menambahkan masyarakat yang terdampak banjir saat ini sudah bisa pulang ke rumah masing-masing. Pemerintah Kabupaten Malang tidak menyiapkan tempat penampungan sementara karena rumah-rumah terdampak masih bisa dibersihkan dan dihuni warga.

    "Untuk relokasi, musibah ini tidak selalu terjadi. Baru kali ini terjadi banjir. Untuk penampungan sementara juga tidak perlu, karena nanti akan menjadi lebih sulit bagi warga. Saat ini rumah-rumah masih bisa dihuni," katanya.

    Namun, pihaknya menyiapkan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak banjir di wilayah tersebut. Dapur umum akan disiapkan oleh unsur terkait yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

    Selain itu, Pemerintah Kabupaten Malang juga akan melakukan penelusuran untuk mengetahui apa penyebab banjir di empat desa yang ada di Kecamatan Pakis tersebut. Jika ada saluran air yang tersumbat dan perlu diperbaiki, pihaknya akan segera melakukan perbaikan.

    "Saya juga akan meminta dinas pengairan untuk menelusuri apakan di atas ada sudetan yang perlu diperbaiki," kata M Sanusi.

    Sebanyak empat desa yang ada di wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur dilaporkan terdampak bencana banjir yang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah tersebut pada Senin (14/3).

    Banjir terjadi di empat desa, yakni Desa Mangliawan, Saptorenggo, Ampeldento dan Asrikaton dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Namun, pada Selasa (15/3), luapan air tersebut sudah surut dan menyisakan material lumpur pada wilayah terdampak.

    Data sementara, di Desa Mangliawan sebanyak 98 bangunan terendam, yang terdiri dari rumah warga, tempat usaha dan mushola. Kemudian Desa Saptorenggo 14 rumah, Desa Ampeldento sembilan rumah dan Desa Asrikaton 14 rumah terendam.(HR-RI_CHAN/LIA)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Akibat Kerugian Banjir di Kecamatan Pakis Didata Pemkab Malang

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer