Prof Dr Ir Marwan Hari ini Dilantik Jadi Rektor USK
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Prof Dr Ir Marwan Hari ini Dilantik Jadi Rektor USK

    8 Maret 2022, 3/08/2022 09:14:00 AM WIB Last Updated 2022-03-08T02:14:58Z

    BANDA ACEH_Harian-RI.com- 
    Prof Dr Ir Marwan IPU, Selasa (8/3/2022) hari ini akan dilantik menjadi Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Periode 2022-2026.

    Prof Marwan yang terpilih pada 24 Januari 2022 itu dijadwalkan dilantik oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Ir Suharti MA PhD, atas nama Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim BA MBA, di Graha Utama, Gedung Ki Hadjar Dewantara, Lantai 3, Kemendikbudristek, Jakarta.

    Prof Marwan, pada Senin (7/3/2022) siang, mengaku sudah berada di Jakarta bersama istrinya untuk memenuhi undangan Sekjen Kemendikbudristek.

    Pada 4 Maret lalu, Sekjen Kemdikbudristek menyurati Prof Marwan dalam kapasitasnya sebagai Guru Besar pada Fakultas Teknik USK.

    Dalam surat itu diinformasikan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Prof Marwan ditetapkan sebagai Rektor USK Periode 2022-2026.

    Sehubungan dengan itu, Sekjen atas nama Mendikbudristek akan melantik dan mengambil sumpah jabatan Prof Marwan sebagai Rektor USK pada Selasa, 8 Maret 2022.

    Pelantikannya dilaksanakan pukul 11.00 WIB hingga selesai di Graha Utama, Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 3 Kemendikbudristek, Jakarta Pusat.

    Dalam surat itu, Prof Marwan diminta hadir tepat waktu beserta istri.

    Prof Marwan dan istri diminta hadir dua jam sebelum acara karena diawali dengan swab antigen dan geladi resik.

    Menurut prof Marwan, Rektor USK yang berakhir masa jabatannya pada 27 Februari lalu yakni Prof Dr Ir Samsul Rizal juga diundang dalam acara tersebut karena sekaligus dilakukan acara serah terima jabatan.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Marwan yang saat itu menjabat Wakil Rektor USK Bidang Akademik terpilih sebagai Rektor USK untuk Periode 2022-2026 berdasarkan hasil pemilihan rektor pada universitas tertua di Aceh itu, Senin (24/1/2022) siang.

    Pemilihan dilaksanakan dalam Rapat Senat Tertutup di Gedung AAC Prof Dayan Dawood yang dipimpin Ketua Senat USK, Prof Dr Ir Abubakar MS.

    Ada tiga calon yang berhak dipilih dalam pemilihan itu.

    Berdasarkan hasil rekapitulasi suara, Prof Marwan berhasil meraih suara terbanyak yaitu 118,154 suara.

    Sedangkan calon lain yaitu Dr Ir Mirza Irwansyah MBA MLA meraih 18 suara dan Dr Iskandar A Gani SH MHum kebagian 10 suara.

    Marwan dan Mirza sama-sama mantan dekan Fakultas Teknik USK.

    Tapi, saat ini Mirza merupakan rektor di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, sedangkan Marwan menjabat Wakil Rektor I USK.

    Adapun Iskandar A Gani merupakan Dosen Fakultas Hukum USK dan sebelumnya pernah menjabat Asisten I Sekda Aceh.

    Sejak pada masa penyaringan calon rektor USK tanggal 26 November 2021 lalu, perolehan suara Prof Marwan paling tinggi yakni 79 dari 93 suara sah.

    Untuk diketahui, Prof Marwan menyelesaikan program sarjananya di Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, pada tahun 1990.

    Ia kemudian mendapat beasiswa dan berhasil meraih gelar doktor (Ph.
    D) untuk bidang Teknik Kimia di University of Birmingham, Inggris, pada tahun 1998.

    Prof Marwan pernah menjabat Dekan Fakultas Teknik USK periode 2009-2013, kemudian menjabat Wakil Rektor l USK.

    Di tingkat nasional, Prof Marwan pernah menjadi Anggota Majelis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tahun 2006-2012.

    Sedangkan di daerah, Marwan pernah menjadi Ketua Komisi Pendidikan Tinggi Majelis Pendidikan Aceh (MPA) pada tahun 2013-2016. (HR-RI.RED/ALI)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Prof Dr Ir Marwan Hari ini Dilantik Jadi Rektor USK

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer