Medan_Harian-RI.com
Dinas Perindustrian Kota Medan, Sumatera Utara, meningkatkan kemampuan maupun keterampilan membatik bagi pelaku industri kecil menengah (IKM) di daerah ini  dengan menggelar pelatihan pada 14-25 Juli 2022.

"Pelatihan membatik ini juga merupakan upaya mewujudkan Sakasanwira (satu kelurahan satu sentra usaha) program Pemkot Medan," kata Kadis Perindustrian Kota Medan, Parlindungan Nasution di Medan, Jumat.

Kali ini, lanjut dia, pelatihan membatik ini diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari IKM Kecamatan Medan Tembung bertempat di Ardhiani Batik, Jalan Bersama, Gang Musyawarah, Kelurahan Bantan.

Peserta dilatih oleh instruktur berpengalaman yang fokus dalam meningkatkan kemampuan maupun inovasi desain motif batik.

"Diharapkan pelatihan membatik yang digelar ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat, terutama pelaku IKM di bidang sandang khususnya batik," ucapnya.

Sehingga selesai pelatihan, pelaku IKM Medan Tembung dapat meningkatkan inovasi produk batik, membuka peluang usaha dan peluang kerja di bidang industri batik.

Kabid Sumber Daya Industri Dinas Perindustrian Kota Medan, Linda Mora, menambahkan pelatihan ini merupakan wadah bagi pelaku IKM Medan Tembung dalam meningkatkan inovasi dan desain motif batik.

Dengan pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan jumlah IKM di bidang membatik dengan kemampuan yang dapat diandalkan di wilayah setempat.

"Selama 10 hari mereka akan dilatih oleh instruktur berpengalaman, dan langsung menjalani praktek. Kita harapkan kegiatan ini mewujudkan pengembangan UMKM," tutur Linda.