Calang_Harian-RI.com
Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Calang meminta Fasilitas TV dan peralatan olah raga kepada Pj Bupati Aceh Jaya.

"Sebelumnya mohon maaf, saya mewakili warga binaan disini meminta bantuan kepada Pj Bupati Aceh Jaya untuk dapat memberikan televisi dan sarana prasarana olah raga yang dapat digunakan disini,"  kata salah seorang WBP Kelas III Calang,  Aris Munandar,Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya saat kunjungan Pj Bupati Aceh Jaya dalam rangka penyerahan remisi kepada puluhan warga binaan dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Kami juga rutin dapat pembinaan baik pembinaan keagamaan, keterampilan, olahraga dan lain sebagainya. Semoga apa yang kami dapatkan disini bermanfaat untuk kehidupan setelah bebas nanti," Katanya.

Kepala Lapas Kelas III Calang, Rusli mengatakan jumlah warga binaan yang mendapat remisi di hari kemerdekaan sebanyak 96 orang.

"Untuk baca kitab kita mendatangkan Tgk dari luar yang sumber anggarannya dibiayai oleh Pemkab di bawah Dinas Pendidikan Dayah, honor hanya tersedianya hingga Agustus 2022," kata Rusli.

Pihaknya berharap Pj Bupati Aceh Jaya agar sudi kiranya dapat menambahkan anggaran pengajian hingga Desember 2022.

Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin mengatakan akan segera merealisasi permintaan dari pihak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baik itu Televisi maupun fasilitas olah raga lainnya.

“Untuk permintaan akan segera kita realisasikan kepada para WBP yang ada di Lapas Calang Aceh Jaya,” katanya.

Nurdin juga menyampaikan kepada Sekda Aceh Jaya agar dapat melihat dan kembali membantu pembiayaan rutin pengajian kepada pihak lapas nantinya.

“Kita juga mendukung seperti yang dilaksanakan Kalapas Calang membangun dan menciptakan lapas ini seperti halnya pesantren, apalagi tujuan lapas ini adalah pembinaan, saya juga menekankan kepada warga lapas untuk dapat menerapkan hafalan minimal saat ke luar dari lapas nanti sudah ada hafalan Al Quran,” Katanya.