Pangururan_Harian-RI.com
Pemkab Samosir, Sumatera Utara, akan mengadaptasi sejumlah program unggulan Pemkot Batam, Kepri, untuk diimplelemtasikan di Kabupaten Samosir, terutama yang berkaitan dengan fungsi pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD).

Bupati Samosir Vandiko T Gultom di Batam, Senin, mengatakan, pihaknya sengaja melakukan kunjungan kerja di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, untuk melaksanakan studi tiru beberapa program unggulan Pemkot Batam yang dapat diimplementasikan di Kabupaten Samosir. 

"Kami bersama beberapa Pimpinan OPD yang berkaitan datang ke Batam untuk menggali lebih dalam program yang akan ditiru di Kabupaten Samosir. Kepada OPD Kabupaten Samosir setelah pertemuan awal ini untuk berkomunikasi dengan OPD teknis Pemkot Batam, dapatkan ilmunya semaksimal mungkin dan jalin komunikasi dengan baik," katanya.

Dalam kunjungan kerja tersebut,  Vandiko T Gultom bersama Sekretaris Daerah Hotraja Sitanggang serta membawa beberapa Kepala OPD terkait.

Kedatangan Bupati Samosir bersama rombongan disambut langsung oleh Wali Kota Batam H.Muhammad Rudi bersama Sekretaris Daerah Kota Batam H.Jefridin Hamid dan beberapa Kadis yang berkaitan dengan program-program unggulan Pemkot Batam.

Sementara Wali Kota Batam, Muhamad Rudi, pihaknya menyampaikan rasa terimakasih kepada rombongan yang datang untuk melaksanakan studi tiru ke Pemkot Batam untuk berbagi ilmu yang bisa diimplementasikan di Samosir. 

"Saya perintahkan kepada staf di Pemkot Batam untuk memberikan informasi seluas-luasnya mengenai apa yang diperlukan pihak Pemkab Samosir. Sungguh indah saling berbagi demi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan Kota Batam sekarang sedang berbenah untuk memjadi kota modern. berbagai pembenahan terus dilakukan seperti bandara dan pelabuhan-pelabuhan laut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi saya sampaikan di momen pertemuan ini juga agar Sekda Pemkot Batam menindaklanjuti penerbangan Batam -Silangit yang pernah ada dengan melakukan MOU dengan pihak Pemkab Samosir. Saya sampaikan agar penerbangan itu kembali lagi sehingga Samosir dan Batam mempunyai hubungan yang baik dan saling menguntungkan," katanya.