Lubuk Pakam_Harian-RI.com
Pemkab Deli Serdang, Sumatera Utara, memberikan penghargaan kepada 262 atlet dan pelatih berprestasi yang dinilai telah mengharumkan nama Kabupaten Deli Serdang, baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

"262 atlet dan pelatih mendapatkan penghargaan pada Haornas ke-39 Tahun 2022. Semoga ke depan prestasi yang sudah diraih dapat lebih ditingkatkan, " kata Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan di Lubuk Pakam, Sabtu.

Dalam kesempatan itu ia menyampaikan bangkitnya ekonomi dan produktivitas masyarakat melalui olahraga setelah melewati keterbatasan aktivitas selama masa dua tahun pandemi COVID-19 menjadi momentum peringatan Haornas yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No.67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga dalam prosesnya sangatlah panjang.

Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science.

Lahirnya Undang-Undang (UU) No.11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No.86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas, yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi.

Untuk itu tema peringatan Haornas ke-39 Tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara.

Selanjutnya, untuk optimalisasi pemasalan dan pembudayaan olahraga, sesuai amanat UU No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi UU No.11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, maka harus dilaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

Sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Kepada para pahlawan dan peraih penghargaan olahraga, semoga tetap sukses dengan perjuangannya di dalam peningkatan prestasi dan minat masyarakat untuk berolahraga. Selamat memperingati Haornas untuk semua warga, semoga dapat mencintai olahraga sebagai gaya hidup, sehat dan bugar," kata Bupati.