Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Tanamkan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SD 15 Riam Sejawak
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Tanamkan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SD 15 Riam Sejawak

    Dimas ( Redaksi )
    3 November 2022, 11/03/2022 04:59:00 PM WIB Last Updated 2022-11-03T09:59:25Z

    SINTANG_Harian-RI.com
    Dalam rangka mewujudkan generasi penerus yang berwawasan dan berkarakter kebangsaan yang tinggi, Personel Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Pos Riam Sejawak berikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi di SDN 15 Riam Sejawak melalui metode pembelajaran luar ruangan (outdoor learning) guna meningkatkan minat belajar anak-anak, Desa Riam Sejawak, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. (Kamis, 03 November 2022).

    Metode Pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas/sekolah. Hal tersebut dilakukan oleh personel satgas Pos Riam Sejawak agar kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa, sehingga motivasi belajar siswa akan lebih tinggi dan materi yang diajarkan juga akan mudah diserap oleh siswa.

    Hal tersebut selaras dengan penyampaian Dansatgtas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kamis (03/11/2022).

    “Pembelajaran dengan penggunaan metode yang tepat dapat membantu mengembangkan dan meningkatkan kualitas belajar anak. Perpaduan antara metode outdoor learning dengan materi wawasan kebangsaan tersebut merupakan perpaduan yang tepat untuk membentuk karakter dan sikap kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air yang tinggi kepada generasi penerus bangsa.” Ujar Dansatgas.

    Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, siswa-siswi diajarkan tentang kepribadian dan jatidiri bangsa dan negara Indonesia, yang terdiri dari 4 (empat) pilar yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu personel Pos Riam Sejawak juga mengajarkan tata cara baris-berbaris yang baik dan benar.

    Selanjutnya Dansatgas juga menambahkan bahwa Peran dan fungsi daerah perbatasan sebagai garda terdepan yang mampu mencegah dan menangkal segenap gangguan, rongrongan, dan ancaman dari luar.

    “Melalui Wawasan Kebangsaan yang kuat dimiliki oleh penduduk di daerah perbatasan dapat menjadi salah satu pencegah dan penangkal munculnya segenap bentuk tindakan yang membahayakan integritas bangsa dan NKRI.” Tambahnya.

    Ditempat terpisah, Niko, S.Pd., (48) selaku kepala sekolah SDN 15 Riam Sejawak memberikan ucapan terima kasih atas peran aktif personel satgas dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa di wilayah perbatasan khususnya terhadap anak didiknya.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI dari pos satgas riam sejawak yang sudah membantu kami dalam memberikan materi wawasan kebangsaan kepada anak didik kami, kami berharap melalui kegiatan ini akan menumbuhkan jiwa bela negara dalam diri anak-anak di wilayah perbatasan.” Ucap Niko penuh harap.

    Autentikasi : Pen Satgas Pamtas RI-Mly Yonarmed 19/105 Trk Bogani
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Tanamkan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SD 15 Riam Sejawak

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer