Kecamatan BKJ Gelar Musrenbang Kecamatan
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Kecamatan BKJ Gelar Musrenbang Kecamatan

    Dimas ( Redaksi )
    20 Februari 2023, 2/20/2023 06:01:00 PM WIB Last Updated 2023-02-20T11:01:30Z
     

    Gayo Lues_Harian-RI.com
    Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, Musrenbang kali ini digelar di Kantor Camat Kecamatan Blangkejeren, Senin (20/02/2023).

    Dalam Musrenbang kecamatan tersebut yang diusulkan adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah keatas/Bottom -up planning Musrenbang di tingkat Kecamatan yang merupakan tahapan Musrenbang yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan Musrenbang di tingkat Desa.

    Dalam kesempatan itu Camat Blangkejen Jusmaleara Senja menyebutkan, menindaklanjuti surat Sekdakab Gayo Lues Nomor.005/208/2023 tanggal 14 - Pebruari - 2023, Prihal pelaksanaan Musrenbang Kecamatan tahun 2023 serta peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor. 86 Tahun 2017 serta hasil rapat Koordinasi pelaksanaan Musrenbang Kecamatan 2023. Sesuai edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Gayo Lues Nomor. 005/137/2023 Tertinggal 08 - Pebruari - 2023.

    Lebih lanjut Camat Blangkejeren mengatakan, Musrenbang tingkat Kecamatan juga di laksanakan dengan Penyepakatan kerja Kecamatan tahun Anggaran yang direncanakan berdasarkan dokumen Renstra Kecamatan. Kegiatan prioritas pembangunan daerah di Wilayah Kecamatan mengacu kepada Rancangan awal Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).
    Adapun tujuan Musrenbang Kecamatan tahun 2023 adalah, Satu, membahas dan menyampaikan usulan rancangan kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di Wilayah Kecamatan Blangkejeren. Kedua, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di Wilayah Kecamatan Blangkejeren yang tercakup dalam prioritas pembangunan desa. Ketiga, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di Wilayah Kecamatan Blangkejeren berdasarkan tugas dan fungsi perangkat Daerah.

    "Kepada para Pengulu dan Operator desa saya harapkan proaktifnya dalam mengikuti acara ini, usulan - usulan desa supaya dapat disampaikan kepada SKPK terkait, dengan usulan agar di tampung sebagai program sekala prioritas nantinya," terang Camat Blangkejeren ini.

    Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues dari Fraksi Demokrat Komisi D, Hj. Salamah menyoroti di bidang Kesehatan dan Pendidikan salah satunya masalah Stunting, saat ini di Kabupaten Gayo Lues sangat tinggi angka Stunting nya, bagaimana caranya kita untuk menurunkan angka Stunting tersebut, ini perlu kita tekankan kepada Dinas Kesehatan Gayo Lues dan juga kepada Kepala Desa.

    Karena kami di DPRK ada punya hak untuk pengawasan jadi kami menginginkan kepada Kepala Desa bagaimana caranya kita untuk menurunkan angka Stunting itu, maka mari kita bersama - sama bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menurunkan angka Stunting yang ada di Kabupaten Gayo Lues ini. Dan kita akui juga, saat ini angka Stunting di Gayo Lues sudah mulai turun.

    "Kami dari Komisi D juga menyarankan agar dibuatnya jambang/WC di rumah - rumah warga agar kesehatan mereka terjaga dan pada akhirnya Stunting dengan sendirinya bisa menurun," Sebut Hj. Salamah.

    Kedua lanjutnya, masalah Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) seharusnya sudah dapat mencicipi Pendidikan dari umur Nol Tahun, dan umur Tiga tahun ke atas bisa mencicipi Pendidikan Anak Usia Dini," untuk itu kami berharap kepada bapak - bapak Kepala Desa tolong ini didukung agar anak usia dini bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik," Ujar Hj. Salamah.

    Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues Farksi Golongan Karya (Golkar) dari Komisi B Yus Aswad menyampaikan, Musrenbang Artinya kan Musyawarah Perencana Pembangunan dan apa-apa yang di usulkan seperti misalnya, peningkatan Kwalitas prioritas komoditi, ini artinya kepada masyarakat. Jadi kalau untuk cerita pembangunan fisik tidak ada ini, kecuali pembangunan irigasi yang berhubungan dengan pengairan usaha pertanian dan perkebunan.
    "Apakah cukup anggarannya itu nanti, untuk mengkaper itu semua,sebab didalam kecamatan Blangkejeren ini saja ada 20 Kampung, apakah dengan keadaan itu apakah mencukupi anggaran untuk usulan masyarakat tersebut, dak mungkin," sebut Yus Aswad.

    Pun kalau diusulkan katanya,kita dari Komisi B akan terus mengawal kebijakan tersebut sehingga nantinya bisa terlaksana dengan baik," apapun itu usulan tersebut kami dari DPRK tetap mengawal kebijakan yang telah di usulkan, Semoga dalam Musrenbang kecamatan ini bisa berjalan dengan baik," ujar Yus Aswad singkat. (Johari Argum)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Kecamatan BKJ Gelar Musrenbang Kecamatan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer