Komnas PA Deli Serdang : “ Kenakalan Anak Merebak Karena Runtuhnya Ketahanan Keluarga
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Komnas PA Deli Serdang : “ Kenakalan Anak Merebak Karena Runtuhnya Ketahanan Keluarga

    Dimas ( Redaksi )
    16 Februari 2023, 2/16/2023 10:19:00 PM WIB Last Updated 2023-02-16T15:19:33Z

    DELI SERDANG_Harian-RI.com
    Kenakalan anak seperti geng motor dan aksi tawuran merebak belakangan ini di Kabupaten Deli Serdang karena runtuhnya ketahanan keluarga.

    Kurangnya komunikasi dan pengawasan dari orangtua terhadap anak di dalam keluarga ditengarai sebagai salah satu penyebab timbulnya aksi kejahatan dari si anak

    Hal tersebut dikatakan Ketua Komnas PA Kabupaten Deli Serdang Junaidi Malik, Kamis (16/2/2023) kepada awak media,  "Kita memandang runtuhnya ketahanan keluarga dengan beberapa indikator seperti komunikasi dan kelekatan orangtua dengan anak mulai hilang," ujarya.
        
    Junaidi Malik menyoroti soal kenakalan anak belakangan terjadi di Deli Serdang.
    Menurut dirinya, mengatasi kenakalan anak sebenarnya dengan perkuat kelekatan keluarga di dalam rumah. 
    "Anak-anak butuh perhatian. Karena tidak didapatkan dirumah, maka mencari di lingkungan luar rumah. Kalau teman sebaya berprilaku jahat tentu akan mengikuti. Jadi, sebenarnya keluarga adalah fokus utama. Bila kasih sayang serta perhatian yang diberikan orangtua cukup bagi anak sudah aman," tambahnya lagi. 
         
    Di samping itu, Ketua Komnas PA Deli Serdang ini menilai kesibukan para orangtua dalam urusannya akan berdampak pada prilaku anak itu sendiri. 
    "Orangtua yang sibuk dengan urusannya sendiri mengakibatkan tak sempat memikirkan anak. Kondisi inilah cenderung anak-anak mencari kebebasan di luar. Karena itu, kedekatan orangtua harus dibangun sejak anak usia dini. Dengan begitu, pondasi ketahahan keluarga di dalam rumah terbangun kokoh," sebutnya.

    Lebih jauh lagi Junaidi Malik menjelaskan, para orangtua juga sering kali lupa 'belajar' bagaimana dalam mendidik anak. 
    "Orangtua bertumbuh, anak pasti tumbuh. Karena, anak akan mencotoh orangtuanya. Jika sebagai orangtua salah mendidik, tentu sang anak kebablasan," terangnya. 
         
    Ketika disinggung soal bentrok tawuran yang menewaskan 1 orang terjadi di Kecamatan Tanjung Morawa kemarin, Junaidi sangat menyayangkan kejadian tersebut. Sebab, pembuat keributan didominasi anak masih di bawah umur. 
    "Mirisnya lagi, ada empat pelaku anak dari lima yang terlibat dalam tewasnya seorang pria bernama Arifin. Tetapi mereka sudah diamankan dan ditetapkan tersangka. Komnas PA Deli Serdang mengapresiasi langkah cepat Kapolresta Deli Serdang dalam mengungkap kasus tersebut," tutupnya.( Rahmadi Saputra )
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Komnas PA Deli Serdang : “ Kenakalan Anak Merebak Karena Runtuhnya Ketahanan Keluarga

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer