Pasar Kamu Pantai Labu Pasar Terbaik di Dunia Versi Bupati Deli Serdang
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Pasar Kamu Pantai Labu Pasar Terbaik di Dunia Versi Bupati Deli Serdang

    Dimas ( Redaksi )
    20 Februari 2023, 2/20/2023 09:30:00 AM WIB Last Updated 2023-02-20T02:30:41Z

    DELI SERDANG_Harian-RI.com - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan mengunjungi Pasar Kamu, lokasi wisata yang sedang hits di Jalan Perintis, Dusun II, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu  (19/2/2023), pukul 08.30 WIB.
         
    Setibanya di Pasar Kamu, Bupati yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP, para asisten, kepala organisasi perangkat faerah (OPD), dan lainnya disambut Camat Pantai Labu, Rahmat Azhar Siregar SSTP MM beserta Muspika; Kepala Desa Denai Lama, Parnu beserta perangkat desa; Pendiri Pasar Kamu, Dedy Sofyan, langsung diajak dua pemandu wisata (Tour Guide) lokal untuk berkeliling sekaligus menjelaskan apa-apa saja yang ada di dalam Pasar Kamu.
         
    Seperti yang terlihat, Pasar Kamu layaknya pasar tradisional yang menjajakan penganan/jajanan tempo dulu dengan dominasi kuliner Melayu dan Jawa, sesuai mayoritas suku di Kampong Lama (sebelum dinamakan Desa Denai Lama).
    Di pasar kuliner seluas 1 hektare (Ha) itu, kita bisa menemukan jajanan pasar yang susah temukan di daerah perkotaan, di antaranya gatot, tiwul, dodol, grontol, apem gula merah, kue rasida, kue dangai, kue kekaras, kue lempeng torak, kue pulut panggang, dan kue makmur.
    Pasar Kamu hanya buka pada hari Minggu, mulai pukul 07.00 sampai 11.00 WIB. Sebab itu, wisatawan yang ingin ke Pasar Kamu harus betul-betul memperhatikan waktu operasional tersebut supaya tidak kehabisan makanan dan minuman khas dari Deli Serdang.
         
    Bupati berkesempatan menukar uang dengan koin yang diberi nama Tempu, yaitu potongan tempurung kelapa berukir dan dibentuk menyerupai koin. Tempu ini menggantikan uang sebagai alat transaksi jual beli.
    Selain bekeliling dan melihat isi di Pasar Kamu, Bupati juga mendatangi beberapa pedagang yang sedang bertransaksi sekaligus membeli jajanan pedagang menggunakan Tempu, mencicipi jajanan sekaligus juga menanyakan tentang jajanan yang dijual .
          
    Di tempat ini juga, beberapa kali Bupati diajak pengunjung untuk berswafoto, sesekali menanyakan kepada pengunjung tentang daerah asal, bagaimana tanggapannya tentang Pasar Kamu. Di tempat ini juga, Bupati bernyanyi bersama pengunjung yang diiringi musik keroncong.
    Menurut Bupati, Pasar Kamu ini merupakan pasar masyarakat terbaik di dunia versinya.
         
    "Saya telah menyaksikan betapa luar biasanya Pasar Kamu ini, layak didatangi dan dikunjungi. Disini kita bisa melihat bagaimana sesungguhnya masyarakat Deli Serdang itu berinteraksi satu dengan lain, ditambah dengan kesantunannya , keguyubannya, keramatamahannya. Dan di tempat ini juga mendapat pengalaman tentang berbagai jenis makanan, minuman yang kesemuanya adalah khas Deli Serdang," kata Bupati.
    Bupati berharap ke depannya pasar ini bisa eksis dengan menjaga dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik.
         
    "Pemkab Deli Serdang memberikan dukungan sepenuhnya agar keberadaan pasar ini menjadi contoh bagi kelompok masyarakat lainnya yang tersebar luas di 380 desa dan 14 kelurahan  bagaimana sebuah kawasan itu dikelola dengan sungguh-sungguh dengan memanfaatkan semua potensi masyarakat itu sendiri pasti akan bisa memberi hasil yang baik," harap Bupati.( HR-RI_Rahmadi Saputra )
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Pasar Kamu Pantai Labu Pasar Terbaik di Dunia Versi Bupati Deli Serdang

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer