Untuk Mendukung Belajar Mengajar, SMPN 4 Persiapan Blangkejeren Lakukan Terobosan Baru
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Untuk Mendukung Belajar Mengajar, SMPN 4 Persiapan Blangkejeren Lakukan Terobosan Baru

    Dimas ( Redaksi )
    27 Februari 2023, 2/27/2023 06:13:00 PM WIB Last Updated 2023-02-27T11:13:21Z
     



    Gayo Lues_Harian-RI.com
    Untuk mendukung belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Persiapan Blangkejeren terus melakukan terobosan baru seperti Sistem Full Day School, yang juga pernah dicanangkan oleh Pemerintah beberapa waktu lalu yang kemudian jadi ramai diperbincangkan oleh khalayak ramai.

    Berdasarkan fakta di lapangan, beberapa tahun terakhir ini, minta masyarakat terhadap Sekolah tingkat SLTP di Wilayah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues memang mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan banyak masyarakat lebih memilih Sekolah Berbas boarding School atau Pasantren. Hal ini dikarenakan nilai jual atau produk yang ditawarkan oleh Sekolah - sekolah tersebut lebih memenuhi keinginan masyarakat. Tak ayal Sekolah se Tingkat SLTP/SMP di Wilayah naungan Dinas Pendidikan Gayo Lues mulai sepi keberadaan siswanya, dan ditakutkan terancam tutup.

    Menyahuti hal tersebut, Kepala Sekolah SMPN 4 Blangkejeren Tania Handayani,SPd menyampaikan, menyikapi hal di atas, SMPN 4 Persiapan Blangkejeren bersama - sama dengan Komite Sekolah membuat terobosan baru dengan menciptakan seperti nilai jual atau Produk - Produk yang diharapkan supaya bisa menjadi Program unggulan sekolah melalui kegiatan Full Day School.

    "Dengan hadirnya Program Full Day School ini, diharapkan dapat menaikkan kembali Citra sekolah di Tingkat SMP di Wilayah naungan Dinas Pendidikan Gayo Lues. Selain itu, melalui Program ini diharapkan pula dapat membentuk karakter peserta didik yang beriman, cerdas, terampil, mandiri dan berwawasan Global, Serta dapat menjadi wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik, baik didalam bidang seni maupun dibidang Olahraga," Tutur Tania.

    Selain itu ujar jebolan Sarjana Pendidikan di Universitas serambi mekah ini, tujuan Program Full Day School di SMPN 4 Persiapan Blangkejeren ini diantaranya: Untuk meningkatkan kembali Citra Sekolah di Tingkat SMP di Wilayah naungan Dinas Pendidikan Gayo Lues. Untuk membentuk karakter peserta didik yang beriman, cerdas, terampil, mandiri dan berwawasan Global. 

    Kemudian sebagai serta menjadi wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki baik dalam bidang seni maupun Olahraga. Kemudian nantinya bagi Kelas IX (Sembilan) sebagai pemantapan materi dan pembahasan soal untuk menghadapi ujian akhir sekolah. Kemudian, bagi Kelas VII (Tujuh) dan Kelas VIII (Delapan) sebagai pembinaan dan pemantapan baca tulis Al-Qur'an, pembinaan Akhlak serta pengembangan bakat dan minat Siswa.

    "Dasar kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Program sekolah bersama Komite Sekolah SMPN 4 Persiapan Blangkejeren. Kegiatan Full Day School yang sudah kami lakukan di SMPN 4 Persiapan Blangkejeren ini sejak Tahun 2022 lalu dan hingga sampai saat ini," sebut Tania lagi.

    Lebih lanjut kepala SMPN 4 Persiapan Blangkejeren ini juga menambahkan, Full Day School (FDS) ini dilaksanakan di SMPN 4 Persiapan Blangkejeren ini merupakan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan pada hari Senin hingga Kamis sejak Pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, yang meliputi penerapan kegiatan belajar efektif dan pembelajaran Kokurikuler, ekstrakurikuler, serta pembentukan karakter pada peserta didik. Full Day ini direncanakan akan di mulai sejak awal bulan Agustus hingga akhir bulan September.

    Sehingga nantinya Sekolah dapat mengatur jadwal pelajaran dengan leluasa, dan disesuaikan dengan bobot mata pelajaran dan ditambah dengan pendalaman materi dalam kerja mandiri dan kelompok. Selain itu dalam kegiatan FDS ini nantinya peserta didik juga diberikan atau dilatihkan dengan pembiasaan yang baik atau pembentukan karakter.

    Selain itu kita juga akan memberikan metode pembelajaran Full Day School ini tidak selalu dilakukan di dalam kelas saja. Akan tetapi, para Siswa/Siswi dibebaskan untuk memilih dan mencari tempat belajarnya yang senyaman mungkin menurut mereka. Dan para Siswa bisa dan boleh belajar dimana saja seperti di halaman, Perpustakaan, Laboratorium, tempat parkir, di bawah Pohon dan lain - lain sepanjang masih di lingkungan Sekolah.

    Saat ini lanjutnya, Struktur Program Full Day School di SMPN 4 Persiapan Blangkejeren ini kita lakukan untuk menambah jam pelajaran sebagai produk unggulan lulusan dari SMPN 4 Persiapan ini diantaranya adalah mata pelajaran Bahasa Inggris 4 jam pelajaran/ Minggu, Seni Budaya Keterampilan (SBK) 5 Jam pelajaran/Minggu, Tahfiz 4 jam pelajaran/Minggu, Pendidikan Jasmani dan Olahraga dan Kesehatan (PJOK) 2 Jam pelajaran/Minggu, dan Karate 2 jam pelajaran/ Minggu, untuk Kelas VII dan Kelas VIII.

    Jadi, bagi Kelas IX adalah dengan menambah jam pelajaran/ Remedial seluruh mata pelajaran dari hari Senin hingga sampai dengan hari Kamis, penambahan jam pelajaran dimaksudkan agar Siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan baik. 

    "Sehingga nantinya para guru mempunyai waktu yang cukup untuk menjabarkan materi, membimbing Siswa dan memberikan pengawasan yang cukup kepada Siswa. Di dalam Full Day School ini, dan Siswa selalu mendapat pengawasan yang lebih agar Siswa tetap mempunyai semangat dan berprestasi didalam pembelajaran," Pungkas Tania mengahiri.

    (Johari Argum)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Untuk Mendukung Belajar Mengajar, SMPN 4 Persiapan Blangkejeren Lakukan Terobosan Baru

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer