BUDAYAWAN SUNDA ASEP RIDWAN WIRANATAKUSUMAH SEMATKAN IKET SUNDA KE PJ BUPATI BANDUNG BARAT
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    BUDAYAWAN SUNDA ASEP RIDWAN WIRANATAKUSUMAH SEMATKAN IKET SUNDA KE PJ BUPATI BANDUNG BARAT

    Dimas ( Redaksi )
    21 April 2024, 4/21/2024 01:02:00 PM WIB Last Updated 2024-04-21T06:02:41Z

     



    JAWA BARAT KBB_Harian-RI.com

    Sejenak kita melihat sejarah pada masa lampau yang dimana pada waktu itu tanggal 20 juli 1913 Beberapa Kelompok Etis SUNDA seperti pelajar HBS, KWS, Stovia dan Intelektual serta Budayawan  Berhimpun untuk Membentuk Organisasi Pagoejoeban Pasoendan atau Paguyuban Pasundan yang kiprahnya sampai saat ini terasa terutama di bidang Pendidikan.


     Organisasi Tertua dan Terbesar di Indonesia ini tidak lepas dari para Pendirinya Sepeti Dr. Djunjunan dan Daeng Kanjuruan Ardiwinata, yang membuat tercengang, kenapa  orang  Sulawesi Selatan baik Suku Bugis dan Makasar ikut Membidani Lahirnya Organisasi Etnis SUNDA  terbesar  di Nusantara


     Ternyata Istri dari Daeng Kanjuruan Ardiwinata itu Asli  Orang SUNDA  yang Bergelar Ardiwinata berdarah Sumedang  Hingga Darah SUNDA ikut Meresap pada Dirinya. Kata Asep Ridwan Seorang Budayawan SUNDA  Jawa barat juga Salah satu Pendiri Kab.Bandung Barat. 


     Sewajarnya Pak Arsan Latif yang darah Bugis dan sebagai  PJ Bupati di Kab.Bandung Barat di Beri Iket Kepala SUNDA karena melihat Jasa-jasa Nenek moyangnya yaitu Daeng Kanjuruan Ardiwinata. 


    Pemberian ikat SUNDA yang di namai "Ngawastu  sebagai Simbol   Ikatan kita sama2 satu ikatan dalam Bingkai NKRI. Ujar N'tri  Tokoh Masyarakat adat Cireundeu. 


    acara Ngawastu ini yang mempunyai Nilai Sakral hingga dalam Prosesinya ada Ritual adat Ngawastu dengan melantunkan lagu RAJAH SILIWANGI dan Wangsit Siliwangi yang di Lantunkan  oleh Ki Yadi Tokoh Masyarakat Adat Cireundeu di berikan saat acara Halal Bi Halal Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ( KKSS) Pada Sabtu 20 April 2024 di Rumah Dinas Pj Bupati Arsan Latif yang di ketuai oleh pak Sudirman. 


    saat itu juga Hadir Pembina  KKSS Letkol Andi Mustafa, KH.Zaenal Abidin,Dandim 0609 Cimahi Letkol Arm Boby.S.I.P. Kapolres Cimahi yang diwakili Kapolsek Padalarang dan Steve Ewon / Yanto Bin Surya Kepala Desa Kertawangi Tokoh Masyarakat Juga Tokoh Muda Saudara Lili  Supriatna dan H.Yayat Suheryadi Wowor SH.MH praktisi Hukum. ( CR )

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • BUDAYAWAN SUNDA ASEP RIDWAN WIRANATAKUSUMAH SEMATKAN IKET SUNDA KE PJ BUPATI BANDUNG BARAT

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer