17 Ranperda Di Usulkan Pemkab Dharmasraya Untuk Menjadi Perda
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    17 Ranperda Di Usulkan Pemkab Dharmasraya Untuk Menjadi Perda

    17 Februari 2022, 2/17/2022 04:26:00 PM WIB Last Updated 2022-02-17T09:26:05Z


    Pulau Punjung_Harian-RI.com
    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) mengusulkan 17 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) baru untuk dibahas dan ditetapkan menjadi Perda bersama DPRD setempat pada 2022.

    "Dari 17 yang diusulkan 14 diantaranya usulan baru, dan tiga bersifat rutin," kata Kepala Bagian Hukum Sekretariat Dharmasraya, Iwan Zamrud di Pulau Punjung, Kamis.

    Ia merinci usulan ranperda tersebut diantaranya, ranperda tentang pembangunan dan pengembangan kawasan perumahan dan pemukiman, ranperda tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

    Kemudian, ranperda tentang fasilitas, pencegahan, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya, ranpeda tantang bangunan gedung, ranperda tentang penyelenggaraan perizinan perusahaan.

    Lalu, ranperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Dharmasraya Nomor 9 Tahun 2015 tentang pengelolaan sampah, ranperda tentang perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Dharmasraya Nomor 10 tahun 2012 tentang perencanaan tata ruang wilayah tahun 2011-2031.

    Selanjutnya, ranperda tentang perubahan atas peraturan Kabupaten Dharmasraya Nomor 6 Tahun 2012 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah, ranperda tentang retribusi persetujuan bangunan gedung.

    "Sementara ranperda yang rutin diantaranya pertanggungjawaban APBD, perubahan APBD 2022,dan rancangan APBD 2023," katanya.

    Sedangkan lima ranperda lainya berasal dari inisiatif dewan, diantaranya ranperda tentang pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro, dan ekonomi kreatif, ranperda tentang permusyawaratan nagari.

    Dan, ranperda tentang kesejahteraan lanjut usia, ranperda tentang penyelenggaraan cadangan pangan, serta ranperda tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

    Ia mengatakan ranperda yang diusulkan adalah dalam rangka pembangunan dan pembaruan produk hukum disesuaikan dengan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.

    Tidak hanya itu, lanjut dia usulan ranperda juga telah menyesuaikan peraturan daerah yang sudah ada, sesuai dengan amanat peraturan yang lebih tinggi. Sehingga, diharapkan regulasi tersebut dapat menyejahterakan masyarakat serta meningkatkan pelayanan.

    "Tentunya, sebelum diusulkan Ranperda tersebut telah dikaji dan disesuaikan dengan kondisi faktual sosial ekonomi masyarakat. Kami berharap ini mendapat persetujuan dan bisa menyejahterakan masyarakat," ujarnya.

    Ke-17 Ranperda tersebut sudah ditetapkan dalam Keputusan DPRD Kabupaten Dharmasraya Nomor: 188/6/KPTS-DPRD/2021 tentang program pembentukan peraturan daerah kabupaten Dharmasraya tahun 2021, tambah dia.(HR-RI_HE/AS)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • 17 Ranperda Di Usulkan Pemkab Dharmasraya Untuk Menjadi Perda

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer