Dibireuen, Harga Daging Tembus 180 Ribu Perkilogram di Bireuen Selama Meugang Idul Fitri
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Dibireuen, Harga Daging Tembus 180 Ribu Perkilogram di Bireuen Selama Meugang Idul Fitri

    Dimas ( Redaksi )
    1 Mei 2022, 5/01/2022 07:32:00 AM WIB Last Updated 2022-05-01T00:36:28Z

    BIREUEN_Harian-RI.com
    Menurut pantauan media Harian-ri dibeberapa lokasi pasar di bireuen, mulai hari Sabtu kemarin hingga Minggu 1 Mai 2022, kenaikan harga daging untuk meugang dalam menyambut idul Fitri naik dari harga normal biasa.

    Harga daging pada hari meugang pertama menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah, Sabtu (30/4/2022) hingga meugang kedua 1 Mai 2022, di sejumlah pasar di Bireuen tembus Rp 180.000/kilogram. 
    Harga daging sapi secara umum ini seperti di pasar musiman depan Meunasah Kota Bireuen, Kompleks terminal Peusangan, Geurugok (Gandapura) dan Kutablang. 


    Amatan Harian-RI.com dalam 2 hari ini, di pasar musiman depan Meunasah Kota Bireuen, para pedagang sejak Sabtu (30/04/2022) dini hari mulai membawa daging ke lokasi tersebut.

    Mereka menempati lokasi yang telah ditetapkan petugas lapangan yang sudah ditandai pakai cat.

    Menyangkut harga daging meugang, informasi diperoleh Harian-RI.com, harga daging  mencapai Rp 180.000/kilogram.

    Harga tersebut sedikit naik dibanding meugang menyambut Ramadhan 1443 Hijriah yang ketika itu Rp 170 ribu per kilogram.

    Informasi yang didapat dari pedagang, mahalnya harga daging ini karena mahalnya harga lembu saat jelang meugang.

    Hal ini seperti disampaikan seorang pedagang di Bireuen, husaini mengatakan kepada media harian-ri.com, 30 April 2022, yang menyebutkan rata-rata harga daging Rp 180 ribu per kilogram. 

    Sedangkan harga tulang iga (tulang rusuk) mencapai Rp 120.000/kilogram. 

    Adapun harga ikan dan udang tergantung ukurannya.

    Sementara itu, irwan seorang pedagang ikan dan udang di Bireuen mengatakan harga udang windu ukuran besar Rp 180 ribu/kg, udang vaname Rp 100 ribu/kg.

    Kemudian ikan bandeng ukuran besar atau 3 ekor beratnya 2 kg, harga jual berkisar Rp 33 ribu/ekor, udang biasa Rp 60 ribu/kg.

    Berikutnya ame-ame tergantung ukuran mulai dari Rp 30-40 ribu/ekor.

    Jumlah pedagang pada meugang pertama berjualan di Bireuen mencapai 30 orang dan hari meugang kedua, Hari ini diperkirakan bertambah lagi

    “Meugang pertama ada sekitar 30 pedagang, hari ini kemungkinan akan banyak lagi yang berjualan,” ujar ismail, pedagang daging meugang di Bireuen kepada media harian-ri.com, Minggu 1 Mai 2022, sekitar pukul 07.00 WIB

    Kemungkinan bertambahnya pedagang karna dipastikan hari ini banyak masyarakat yang menyerbu untuk membeli daging sapi untuk meugang hari raya, ini sudah seperti tradisi yang setiap meugang baik itu meugang puasa maupun meugang hari raya, banyak warga yang membeli daging.

    Ia juga menerangkan, dengan adanya momen meugang seperti ini, membuat kami para pedagang daging agak sedikit kualahan, tapi walaupun begitu alhamdullilah rezeki kami bertambah dari hari biasa.

    Dengan naiknya harga daging dari meugang puasa 170 Ribu Perkilogram, naik 10 Ribu menjadi 180 Ribu Perkilogram, harga daging untuk meugang hari raya, karna harga sapi sebelum meugang hari raya naik, makanya kami menaikkan harga sepuluh ribu perkilogramnya, dari 170 Ribu, menjadi 180 Ribu Perkilogram.

    Kenaikan harga ini bukan kami sengaja naikkan, tetapi karna harga sapi yang kami beli naik, makanya kami naikkan, tutur Ismail.(HR-RI_RIKI)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Dibireuen, Harga Daging Tembus 180 Ribu Perkilogram di Bireuen Selama Meugang Idul Fitri

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer