Dinas Pertanian Dan Perkebunan Aceh Melaksanakan Kegiatan Gebyar Pasar Tani 2022
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Dinas Pertanian Dan Perkebunan Aceh Melaksanakan Kegiatan Gebyar Pasar Tani 2022

    Dimas ( Redaksi )
    1 September 2022, 9/01/2022 08:42:00 AM WIB Last Updated 2022-09-01T01:42:10Z
                                                         
    Banda Aceh_Harian-RI.com
    Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh mengadakan gebyar Pasar Tani untuk mendekatkan produsen dan konsumen.

    Kegiatan gebyar pasar tani rutin dilaksanakan oleh dinas pertanian dan perkebunan Aceh sejak tahun 2017 dan tahun ini juga sudah pernah dilaksanakan menjelang lebaran idul Fitri pada bulan Maret lalu.

    Kepala dinas pertanian dan perkebunan Aceh melalui
    Kepala Bidang Hortikultura, Chairil Anwar, menjelaskan kepada media Rabu 31 Agustus 2012, tujuan dari mendekatkan produsen dan konsumen bermaksud menekan harga aneka produk pangan, khususnya barang baku untuk masakan dapat dijual lebih murah.

    "Kalau produsen yang langsung jual ke masyarakat umum, harga bisa lebih murah sedikit dibandingkan kita beli di pasar," jelasnya.

    Dengan dilaksanakan gebyar pasar tani dapat membantu untuk menekan laju inflasi dengan cara meningkatkan daya beli masyarakat.

    Chairil juga mengatakan bahwa gebyar pasar tani kali ini diikuti sekitar 60 UMKM yang menjual berbagai aneka produk seperti sayuran segar, buah segar, pupuk, makanan siap saji, bumbu masak kering dan basah, sembako, dan produk olahan dari tanaman pangan, holtikultura, dan juga perikanan.

    "UMKM tersebut merupakan UMKM binaan dari berbagai instansi pemerintah Aceh, seperti dari Distanbun, Dinas Perikanan, Diskopumdag, Dinas Peternakan, dan Dinas Kehutanan," katanya. 

    Kehadiran para pelaku UMKM ini selaras dengan target Distanbun dalam gebyar pasar tani ini dalam rangka memberdayakan sekaligus mempromosikan produk dari pelaku UMKM yang ada di Aceh.

    "Mereka terkadang terkendala dengan pemasaran, dengan adanya pasar tani ini otomatis akan ada peningkatan omzet," tambahnya.

    Ia juga menuturkan, pasar tani yang sudah rutin dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh sejak 2017 ke depannya akan diagendakan dua kali dalam sebulan dan digelar di wilayah timur dan barat, yaitu Lhokseumawe dan Meulaboh ucap Chairil Anwar. (HR-RI.Redaksi)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Dinas Pertanian Dan Perkebunan Aceh Melaksanakan Kegiatan Gebyar Pasar Tani 2022

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer