Medan_Harian-RI.com
Tim kesenian binaan Bidang Seni, Budaya dan Ekraf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara diundang tampil di Pelaksanaan Pekan Konsolidasi Tenaga Budaya (Pekat Budaya) sebagai mendukung pelaksanaan G20 di bidang kebudayaan di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

Kabid Bina Seni, Budaya dan Ekraf Disbudpar Sumut, Elidawati Hasibuan di Magelang, Jumat (9/9/2022) mengatakan ini sebuah kebanggaan luar biasa Sumatera Utara mendapatkan kesempatan untuk tampil di Borobudur, Magelang yang melibatkan berbagai unsur dari insan budayawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

"Tim kesenian Disbudpar Sumut yang terdiri delapan orang penari dan tujuh orang pemusik nantinya akan membawakan tarian multietnis dan beberapa lagu Sumatera Utara yang mencerminkan beranekaragam suku dan budaya yang unik dan sarat makna, " katanya. 

Elidawati menambahkan tampil di kegiatan budaya tersebut merupakan wujud partisipasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dalam upaya pelestarian seni dan budaya daerah. 

"Keikutsertaan tim kesenian Disbudpar Sumut pada event ini merupakan wujud kepedulian dan partisipasi kami dalam memenuhi undangan dari Kemendikbud, " tambahnya. 

Untuk diketahui Pekan Konsolidasi Tenaga Budaya (Pekat Budaya) merupakan rangkaian kegiatan budaya dalam menyambut Pertemuan Tingkat Menteri di bidang Kebudayaan G20 (G20 Culture Minister Meeting) yang akan berlangsung pada tanggal 13 September 2022.

Rangkaian kegiatan tersebut mulai dilaksanakan pada tanggal 7 - 13 September 2022 di Candi Borobudur, yang terdiri atas
Indonesia Bertutur, G20 Orkestra Borobudur, Ruwatan Bumi, Kirab Budaya, Rapat Raksasa, hingga berbagai macam kegiatan di desa-desa sekitar Borobudur.

Lebih dari 2.500 masyarakat dan seniman dari Indonesia dan berbagai negara di dunia akan terlibat dalam rangkaian perhelatan ini.