Medan_Harian-RI.com
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) siap berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara untuk menjadikan kampus sebagai salah satu pusat kemanusiaan, sekaligus mendukung program merdeka belajar, kampus merdeka.

"UMSU siap mendukung kegiatan PMI, termasuk untuk pusat kegiatan kemanusiaan dengan memanfaatkan seluruh potensi yang tersedia," kata Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, saat menerima audiensi pengurus PMI Sumut di Medan, Selasa.

UMSU memiliki berbagai fasilitas pendukung untuk pusat kegiatan kemanusiaan. Selain itu juga tersedia SDM yang cukup untuk mendukung kegiatan kemanusiaan.

UMSU memiliki sarana pendukung kegiatan kemanusiaan berupa rumah sakit, gedung kemanusiaan dan peralatan penanggulangan bencana yang merupakan hibah dari Asian Muslim Charity Foundation (AMCF).

"UMSU berkomitmen untuk aktif dan menjadi solusi atas persoalan sosial dan kemanusiaan. Para mahasiswa juga bisa dilibatkan untuk mendukung kegiatan sosial kemanusiaan PMI," katanya.

Sementara Wakil Ketua PMI Sumut, Said Aldi Al Idris, mengatakan, pihaknya menyambut baik komitmen UMSU yang siap menjalankan kerja sama dengan PMI Sumut.

"Korps sukarelawan UMSU dalam program kampus merdeka belajar bisa berkolaborasi dengan PMI Sumut," katanya.

Ia juga mengapresiasi dukungan UMSU terutama soal partisipasi kampus memeriahkan HUT ke-77 PMI.

Ada berbagai lomba kegiatan yang dilaksanakan antara lain, donor darah, jalan santai dan bakti sosial untuk fakir miskin.

"Kami bangga atas perkembangan kampus UMSU yang telah begitu maju. Selain dukungan sarana dan prasarana, juga catatan prestasi yang diraih mahasiswa menjadi kebanggaan sendiri," katanya.