Jaga Kerukunan Umat Beragama di Aceh Jaya, FKUB Laksanakan Workshop
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Jaga Kerukunan Umat Beragama di Aceh Jaya, FKUB Laksanakan Workshop

    Dimas ( Redaksi )
    4 November 2022, 11/04/2022 12:51:00 PM WIB Last Updated 2022-11-04T05:51:26Z


    CALANG_Harian-RI.com
    Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh Jaya menggelar kegiatan Workshop Kerukunan Umat Beragama, Rabu (2 /11) di Aula lantai III Setdakab setempat.

    Pelaksanaan workshop dibuka oleh Pj Bupati  Aceh Jaya, diwakili oleh Asisten II Jonni Saputra SSi.


    Kegiatan ini mengangkat tema " Kerja Bersama dalam Upaya Menjaga Kerukunan Umat Beragama".

    "Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan workshop yang dilaksanakan oleh FKUB. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat terbuka ruang dialog. Seandainya terjadi gesekan pada hal yang kecil-kecil seperti pada sisi furu'iyah tidak pada inti ajaran agama, dapat cepat terselesaikan tanpa harus mengarah kepada konflik yang berujung kepada perpecahan di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya di depan narasumber dan peserta/undangan.
    "Kabupaten Aceh Jaya yang berpenduduk mayoritas  Islam tidak akan  pernah terjadi gesekan umat beragama dengan agama lain selain Islam. Namun demikian, kita perlu waspada  agar tidak terjadi  gesekan antar umat bergama (sesama Islam),” ujarnya.

    Oleh karena itu, Pemkab Aceh Jaya  melalui  forum ini, berupaya dapat mengembangkan  pola moderasi  beragama sejauh tidak ada penyimpangan dari ajaran murni Islam.

    Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya juga sangat mengapresiasi kepada Forum FKUB yang telah berkerja dalam mengayomi umat  beragama dan juga telah menyelesaikan  berbagai  konflik  intern umat bergama dengan penuh kedamaian.


    Dan pada kesempatan lain, forum FKUB dapat melakukan kajian-kajian keagamaan dengan berbagai lini, agar tidak terjadi konflik sesama umat  beragama, meskipun ada permahaman yang berbeda.

    “Alhamdulillah dengan diadakan workshop ini,  kami sangat berterima kasih  kepada  panitia, peserta dan para undangan, sehingga gaung FKUB  Aceh Jaya  semakin bergema dan juga  umat beragama  dapat menyelesaikan konflik dengan adil,” ujar Jonni.

    Kepada FKUB, Pemkab Aceh Jaya berharap dapat  bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk medukung  pemerintah dalam mengembangkan program moderasi bergama kepada semua lini masyarakat  yang ada di setiap desa dalam Kabupaten Aceh Jaya.

    Kepada instansi terkait,  diminta dapat  saling bekerja sama dalam rangka  menjaga kerukunan  umat  beragama.

    “Akhirnya  kepada semua masyarakat Kabupaten Aceh Jaya,  dapat meningkatkan mutu  ibadah kepada Allah  demi mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT,” ujarnya.

    Sementara Dr H Zulkarnaini MAg selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan kegiatan workshop turut dihadiri Kodim 0114/Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya, Kejari Aceh Jaya,Kesbangpol, MPU, MAA, Mukim, Ketua Forum keuchik, BKPRMI dan Sejumlah OKP kepemudaan.

    Selain Ketua FKUB Aceh, Dra HA Hamid Zein, juga hadir Zulfahmi, MH (Subkoordinator Ortala dan KUB kanwil Kemenag Aceh), Drs H Boihakki MSos (Kepala Kankemenag Aceh Jaya), Tgk H Muslim HK (Ketua FKUB Aceh Jaya). 

    Serta Penyelenggara Zawa, Alfaizin SPdI MM sebagai moderator.
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Jaga Kerukunan Umat Beragama di Aceh Jaya, FKUB Laksanakan Workshop

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer