Kuliah Umum Prodi MIK USK - TDMRC Menggugah Peran Perguruan Tinggi dalam Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Kuliah Umum Prodi MIK USK - TDMRC Menggugah Peran Perguruan Tinggi dalam Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas

    Dimas ( Redaksi )
    8 Desember 2023, 12/08/2023 07:08:00 PM WIB Last Updated 2023-12-08T12:08:25Z




    Banda Aceh_Harian-RI.com

    Magister Ilmu Kebencanaan (MIK) USK bersama dengan TDMRC USK melaksanakan Kuliah Umum bertajuk Peran Perguruan Tinggi dalam Gerakan Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK). Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 08 Desember 2023 menghadirkan Dr. Ir. Eko Teguh Paripurno, M. T yang merupakan Koordinator Prodi Magister Manajemen Bencana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta sebagai pembicara.

    Kegiatan yang bertempat di Ruang Auditorium Gedung TDMRC USK  ini dibuka langsung oleh Koordinator Prodi MIK, Dr. Rina Suryani, S. Kep., M. Si.

    “Narasumber kita hari ini sangat istimewa, beliau merupakan penerima Sasaka award, yaitu penghargaan yang diberikan karena komitmen dalam mengurangi risiko bencana. Beliau juga adalah Bapaknya PRBBK. Jadi kita belajar tentang PRBBK langsung dari pakarnya. Mudah-mudahan disini kita berdiskusi bersama apa saja peranan-peranan yang bisa kita lakukan dalam upaya mengurangi risiko bencana, khususnya yang berbasis masyarakat”

    Dalam perkuliahannya, narasumber yang lebih akrab dengan panggilan Kang ET ini mengubah pandangan peserta yang hadir baik secara luring dan daring terkait pengelolaan risiko bencana.

    “selalu saja disebutkan Indonesia rawan bencana ya. Data terakhir itu mencatat ada 3480 kejadian bencana. Saya bukannya tidak percaya dengan data ini, namun saya meragukan kalau semakin banyak bencana yang tercatat tersebut seperti kita mendeklarasikan tentang kerapuhan kita dalam mengelola bahaya. Saya yakin bahwa masyarakat Indonesia tidak serapuh itu dan saya percaya bahwa kawan-kawan berkontribusi untuk ketidakrapuhan itu”


    Tidak hanya mengisi kuliah umum, Kang ET ini juga menandatangi perjanjian kerja sama antara MIK dengan Magister Manajemen Bencana UPN Yogyakarta. Melalui kerjasama ini diharapkan akan banyak kolaborasi kegiatan di bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat dalam pengurangan risiko bencana.

    Di akhir acara, Direktur TDMRC, Prof. Dr. Syamsidik, S. T., M. Sc menyampaikan terima kasih atas kesediaan Kang ET untuk berkunjung dan mengisi kuliah umum di gedung TDMRC.

    “Terima kasih kepada Kang ET, di tengah kesibukannya mengisi di satu fakultas ke fakultas lain, namun bersedia menyempatkan waktu untuk mengisi di sini. Ini adalah momen penting, setiap kali kita bertemu akan selalu ada hal baru yang kita pelajari. Kang ET ini adalah orang yang sangat konsisten di isu pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat, kemanapun saya bertemu beliau, pasti isu ini yang selalu beliau angkat dalam pembicaraannya. Ini merupakan hal penting yang perlu kita pelajari.”

    Kegiatan kuliah tamu ini dihadiri oleh 43 peserta yang hadir secara offline, dan 62 peserta yang hadir secara online melalui ruang zoom meeting. Acara ini juga dihadiri oleh wakil direktur TDMRC Prof. Dr. Muksin, M. Si., M. Phil serta Dosen senior yang juga memiliki fokus terhadap kebencanaan Dr. Alvisyahrin.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Kuliah Umum Prodi MIK USK - TDMRC Menggugah Peran Perguruan Tinggi dalam Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer