TDMRC USK kunjungi ANRI BAST dalam rangka kerjasama penyusunan buku Infografis 20 tahun tsunami Aceh
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    TDMRC USK kunjungi ANRI BAST dalam rangka kerjasama penyusunan buku Infografis 20 tahun tsunami Aceh

    Dimas ( Redaksi )
    10 Mei 2024, 5/10/2024 07:14:00 AM WIB Last Updated 2024-05-10T00:14:44Z

     



    Banda Aceh_Harian-RI.com

    Tim Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan kunjungan ke Arsip Nasional Republik Indonesia - Balai Arsip Statis dan Tsunami  (ANRI BAST) pada Senin, 6 Mei 2024 dalam upaya kerjasama penyusunan buku infografis 20 tahun peristiwa tsunami Aceh.

    Tim TDMRC yang dipimpin oleh Direktur TDMRC, Prof. Syamsidik S.T., M.Sc., serta Ketua Pelaksana Peringatan 20 Tahun Tsunami Aceh oleh TDMRC, Dr. Alvisyahrin, bersama Koordinator Penyusunan Buku Infografis 20 Tahun Tsunami Aceh, Ismiatul Ramadhian Nur, S.T., M.Si., bertemu dengan pihak ANRI BAST dan disambut langsung oleh Kepala ANRI BAST yaitu MUHAMAD IHWAN, S SOS, M.SI.

    Dalam sambutannya Direktur TDMRC menyampaikan permohonan dukungan kepada ANRI BAST, terutama dalam hal penyediaan konten buku, “Dalam rangka memperingati 20 tahun tsunami ini TDMRC sudah mempersiapkan 2 buku yang akan diluncurkan, yaitu buku Kajian 20 tahun tsunami Aceh dan Buku Infografis ini. Buku Infografis yang kita susun ini akan memuat konten konten visual grafis, seperti gambar dan grafik yang menggambarkan perjalanan dan sejarah Aceh dalam menghadapi bencana Tsunami 2004 dan perjalanan pemulihannya, sehingga kedatangan kami disini adalah untuk meminta support data terutama foto foto atau peta yang menjadi koleksi BAST untuk dapat dimuat di dalam buku ini nanti.” tambah Prof.Syamsidik.  

    Selanjutnya Koordinator penyusunan Buku Infografi, Ismiatul Ramadhian Nur, mempresentasikan profil buku yang akan disusun, “Buku ditargetkan akan dicetak paling lambat September nanti, dan saat ini sedang melalui proses kolekting data. Buku ini memuat 5 Chapter dimana outline dari buku ini telah disepakati melalui FGD pada Maret lalu.”

    Menanggapi hal tersebut Kepala BAST Muhammad Ihwan, S.Sos.,M.Si menyambut baik dan mendukung penuh penyusunan Buku Infografis, “ANRI-BAST dan TDMRC USK ini sudah memiliki MOU Kerjasama, maka tentu kami sangat terbuka untuk mensupport kegiatan TDMRC, dan kami sangat tertarik dengan rencana Penyusunan Buku ini, dan siap mensupport hal hal yang dibutuhkan terkait Arsip dan data lainnya yang kami miliki.” 


    Ketua Pelaksana Peringatan 20 Tahun Tsunami TDMRC menyampaikan bahwa TDMRC sudah menyiapkan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati  20 Tahun Tsunami Aceh, sedikitnya ada 10 jenis kegiatan yang sedang dipersiapkan, diantaranya ada AIWEST-DR, U-DARE AWARD 2.0, Simposium Nasiona Mitigasi tsunami dan masih banyak lagi. “Seluruh rangkaian dan update terkait kegiatan peringatan 20 tahun tsunami dapat di akses melalui website https://tdmrc.usk.ac.id/20th-years-aceh-tsunami”. Tutup Dr.Alvisyahrin dalam sambutannya. 

    Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan buku infografis yang informatif dan edukatif mengenai peristiwa tsunami Aceh, sebagai bagian dari upaya untuk memperingati dan mengenang tragedi tersebut, serta sebagai bentuk penghargaan kepada para korban dan keluarga yang terkena dampaknya.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • TDMRC USK kunjungi ANRI BAST dalam rangka kerjasama penyusunan buku Infografis 20 tahun tsunami Aceh

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer