Gizi Anak Terpenuhi, Deli Serdang Terhindar dari Stunting
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Gizi Anak Terpenuhi, Deli Serdang Terhindar dari Stunting

    Dimas ( Redaksi )
    11 Juni 2024, 6/11/2024 06:19:00 AM WIB Last Updated 2024-06-10T23:19:23Z

     



    DELI SERDANG_Harian-RI.com

    Setiap anak harus mendapat pemenuhan gizi yang cukup agar Kabupaten Deli Serdang terhindar dari stunting.

    Imbauan ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM, pada Pencanangan Intervensi Serentak Penurunan Stunting Kabupaten Deli Serdang tahun 2024 di Kantor Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Senin (10/6/2024).

        

    "Untuk itu, upaya pencegahan dan penanggulangan stunting harus menjadi perhatian serius. Kita harus bekerjasama dan bersinergi untuk memastikan setiap anak di Kabupaten Deli Serdang mendapatkan gizi yang cukup dan terhindar dari stunting," imbau Pj Bupati.

       

    Dijelaskan Pj Bupati, saat ini stunting masih menjadi permasalahan gizi utama bagi balita d8 bawah lima tahun (balita) di Indonesia. Stunting disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama dan penyakit infeksi berulang, yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan fisik dan perkembangan anak.

       

     Stunting pada balita sangat erat kaitannya dengan status kesehatan ibu pada saat hamil dan pasca melahirkan.

    Dilaksanakannya intervensi serentak dan dilakukan secara berkelanjutan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) atau dikenal dengan istilah bulan timbang didasari atas arahan Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin, selaku Ketua Pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting.

       

    Dalam arahan tersebut disampaikan, pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting menjadi gerakan bersama berkelanjutan.

    Tujuannya untuk memastikan cakupan layanan pengukuran yang lebih luas, deteksi dini masalah gizi dan kesehatan, serta intervensi yang tepat sasaran dan efektif kepada kelompok yang berisiko stunting.

    Di tempat yang sama, Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Ir Arief Sudarto Trinugroho diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pengembangan Aset dan SDA, Dra Manna Wasalwa Lubis berharap adanya kerjasama antara organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan pihak lainnya. Dengan begitu, stunting bisa dicegah.

    "Kabupaten/kota harus bisa segera menindaklanjuti intervensi serentak tersebut sampai ke tingkat kecamatan, desa dan kelurahan," imbaunya di acara yang dibuka Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Dr Hassanudin di Langkat melalui zoom meeting tersebut.

           

    Turut hadir di acara yang dirangkai dengan pemberian bingkisan kepada balita, ibu hamil dan calon pengantin, akte kelahiran dan kartu identitas anak (KIA), bingkisan kepada siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan lainnya itu, anggota DPRD Deli Serdang, Dr Misnan Aljawi SH MH; Sekda Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Pj Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman; Ketua Dharma wanita Persatuan, Ny Hj Boya Timur Tumanggor; perwakilan Forkopimda Deli Serdang; para pimpinan OPD, camat, lurah/kades dan lainnya.( HR-RI-07)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Gizi Anak Terpenuhi, Deli Serdang Terhindar dari Stunting

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer