Diduga Ada Pungli Di Tubuh PPS Paya Bakong Aceh Utara
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Diduga Ada Pungli Di Tubuh PPS Paya Bakong Aceh Utara

    Dimas ( Redaksi )
    31 Mei 2023, 5/31/2023 02:43:00 PM WIB Last Updated 2023-05-31T07:43:53Z



    Aceh Utara_Harian-RI.com

    Pengusutan dugaan isu pungutan liar (Pungli) di tubuh penyelenggara pemilu yang dilakukan oleh oknum anggota PPS terhadap sesama rekan PPS dan Sekretaris PPS, Dikecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, sebesar 50 Ribu Rupiah, setiap gajian.


    Namun sampai saat ini belum ada kejelasannya terkait dugaan tersebut, awak media mencoba mengali lebih dalam, padahal jika merujuk kepada aturan tidak boleh, karna setiap penyelenggara sudah di bayar gaji oleh negara.


    Pantauan media di screnshot percakapan Grup penyelenggara padahal jelas - jelas ada anggota yang mempertanyakan " untuk apa dan untuk siapa kutipan uang 50 ribu rupiah setiap gajian anggota PPS "


    Persoalan ini harusnya di usut oleh Aparat Penegak Hukum ( APH ) karna ini jelas - jelas melanggar aturan serta mencederai ajang pesta demokrasi.


    Jika dugaan tersebut benar maka misalnya dihitung setiap gajian PPS dan Sekretaris PPS dikutip 50 Ribu Rupiah, satu desa 6x50= 300, 300x39 desa= 11.700.000 (Sebelas Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah) setiap sekali gajian PPS dan Sekretaris PPS.


    Pungli adalah salah satu tindakan melawan hukum yang diatur dalam undang-undang nomor 31 tahun 1999 junto. Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Pungutan liar adalah termasuk tindakan korupsi dan merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang harus diberantas.


    Salah seorang anggota PPS dalam Kecamatan Paya Bakong yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada awak media mengatakan," Kami pernah bertanya untuk apa dan buat siapa pengutipan tersebut, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan yang pasti," ungkapnya.


    Saat awak media mengkonfirmasi isu dugaan tersebut kepada yang disebut sebut Kordinator PPS Paya Bakong, Senin 29 Mei 2023, mengakatakan," Informasi yang saudara terima itu salah, saya sebagai ketua forum PPS/ kordinator terpilih dalam hasil rapat kebersamaan anggota PPS, Saya sendiri sebagai ketua forum membantah tentang isu adanya pungli, yang saya lakukan itu semua hasil kesepakatan bersama dalam rapat, Informasi untuk selanjutnya konfirmasi aja ketua PPK," pungkasnya.


    Sementara itu Ketua PPK Kecamatan Paya Bakong saat dikonfirmasi terkait dugaan tersebut belum ada tanggapan sampai berita ini ditayangkan.(TIM)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Diduga Ada Pungli Di Tubuh PPS Paya Bakong Aceh Utara

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer