Kolaborasi PWI-Komnas PA Deli Serdang: Gelar Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Kolaborasi PWI-Komnas PA Deli Serdang: Gelar Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak

    Dimas ( Redaksi )
    17 September 2022, 9/17/2022 03:19:00 PM WIB Last Updated 2022-09-17T08:19:23Z

    DELI SERDANG_Harian-RI.com
    Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu daerah yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

    Dari hal mendasar ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berkolaborasi dengan Komiisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menggagas kegiatan bertajuk "Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deli Serdang" yang direncanakan digelar pada 26 Oktober 2022 mendatang.
    Hal ini terungkap dalam rapat bersama pengurus PWI dan Komnas PA Kabupaten Deli Serdang di ruang rapat sekretariat Komnas PA Jalan Besar. Batang Kuis -  Lubuk Pakam, Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Jumat (16/9) kemarin.
         
    Rapat dihadiri langsung Ketua PWI Deli Serdang Lisbon Situmorang dan Ketua Komnas PA Deli Serdang Junaidi Malik dan sejumlah pengurus dari kedua organisasi tersebut.
    Lisbon Situmorang mengatakan, gagasan seminar sehari wartawan ramah anak Kabupaten Deli Serdang merupakan agenda bersama dalam rangka meningkatkan kapasitas wartawan terkait pemberitaan ramah anak yang juga dalam upaya mendukung visi pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang serta percepatan perwujudan menuju Deli Serdang Kabupaten Layak Anak (KLA).

    "Kegiatan ini merupakan kolaborasi PWI Deli Serdang dengan Komnas PA. Selain untuk mengedukasi dan meningkatkan kapasitas pemahaman wartawan tentang perlindungan anak dan pemberitaan ramah anak, juga mendukung visi pembangunan Deli Serdang,"  ungkap Lisbon.
         
    Visi pembangunan Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebinekaan, menjadi salah satu ide dasar lahirnya gagasan seminar sehari wartawan ramah anak ini. Terlebih, Deli Serdang merupakan salah satu daerah yang telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai Kabupaten Layak Anak.
         
    "Selain kegiatan ini menjadi bagian implementasi visi pembangunan Deli Serdang, juga dukungan konkret dari PWI bersama Komnas PA  mendukung percepatan menuju Deli Serdang Kabupaten Layak Anak," paparnya.
          
    Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deli Serdang ini juga tindak lanjut dari penegasan Ketua PWI Sumatera Utara Farianda Putra Sinnik dalam perhelatan Konferensi PWI Deli Serdang pada Mei 2022 lalu agar ada edukasi meningkatkan kapasitas khususnya anggota PWI dalam pemberitaannya ramah terhadap anak.
          
    Secara tersurat dan tersirat, sinyal ini juga disampaikan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dalam acara yang  sama, agar ada inisiasi untuk mengedukasi wartawan yang bertugas di wilayah itu, terutama anggota PWI sehingga pemberitaannya benar-benar ramah anak.
    Kegiatan ini juga rangkaian dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 dipusatkan di Sumatera Utara sebagai tuan rumah pelaksana dan dapat diikuti semua wartawan yang bertugas di Kabupaten Deli Serdang. Namun kuota peserta tetap dibatasi untuk efektivitas serta kelancaran kegiatan.
          
    " Semua wartawan yang bertugas di Deli Serdang boleh ikut dalam seminar ini. Tapi kuotanya tetap terbatas untuk efektivitas dan kelancaran seminar ini," ungkap Lisbon.

    Sementara Ketua Komnas PA Deli Serdang Junaidi Malik menilai, keberadaan wartawan sebagai pilar keempat demokrasi di negeri ini punya peran sangat strategis dalam gerakan perlindungan anak guna melindungi anak dari segala bentuk tindak kekerasan serta pemenuhan hak-hak mereka yang dilindungi Undang-Undang.
          
    Program kolaborasi dengan gagasan membuat seminar sehari wartawan ramah anak Kabupaten Deli Serdang menjadi angin segar Bagi Komnas PA yang konsentrasinya memang melindungi anak sehingga gerakan perlindungan anak semakin membumi.
    "Bagi kami Komnas PA Deli Serdang, ini semacam kekuatan baru yang akan semakin menguatkan dan membumikan gerakan perlindungan anak di kabupaten ini," ucap Junaidi.
          
    Rapat tersebut juga sepakat memilih dan menetapkan Wakil Ketua PWI Deli Serdang Amirul Khair sebagai Ketua Panitia Pelaksana Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deli Serdang, Sekretaris Roni Hutahaean, Bendahara Patimah, dibantu 2 wakil Ketua, 1 Wakill Sekretaris dan Wakil Bendahara serta dilengkapi seksi acara juga humas dan publikasi.( HR-RI.Rahmadi Saputra)
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Kolaborasi PWI-Komnas PA Deli Serdang: Gelar Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer